Apa Saja Syarat Memiliki Perumahan di Surabaya

Apa Saja Syarat Memiliki Perumahan di Surabaya
Daftar Isi Artikel
Begitu banyak iklan-iklan perumahan di Surabaya yang menawarkan keuntungan apabila membeli rumah di kompleks tersebut. Namun, banyak pembeli yang kemudian merasa kecewa dengan iklan yang ada karena tidak sesuai harapan. Mulai dari kondisi perumahan sampai syarat dan prosedur dalam pembelian rumah yang ribet. Nah berikut ini akan dijelaskan beberapa syarat yang harus dipenuhi bila ingin memiliki hunian di kompleks perumahan.

Apa Saja Syarat Memiliki Perumahan di Surabaya

Syarat Memiliki Perumahan di Surabaya

Perhatikan beberapa syarat berikut yang wajib dilakukan bila ingin membeli unit perumahan di Surabaya.
 

Tentukan rumah yang ingin dibeli

Syarat pertama adalah menentukan rumah yang ingin dibeli. Lihat iklannya, cek kondisi dilapangan serta pahami prosedur dalam pembelian unit rumah tersebut. Pilihlah pengembang yang mempunyai track record dan komitmen baik. Ulasan tentang pengembang yang bagus bisa dilihat di internet. Pastikan juga legalitas dari pembangunan kompleks perumahan yang ingin dibeli dan jangan ragu untuk bertanya mengenai hal ini. Perumahan yang baik sudah memiliki sertifikat induk. Hindari membeli unit perumahan yang legalitasnya masih berupa izin lokasi.

Pilih cara pembelian

Ada 2 cara membeli unit perumahan yaitu dengan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dan cash. Calon pembeli bisa memberitahukan kepada pengembang atau agen bagaimana cara pembelian rumah nantinya. Perhatikan juga apabila menggunakan KPR setiap bank mempunyai aturan yang berbeda-beda. Sedangkan untuk cara cash, anda tinggal berhubungan dengan pengembang/agen dan notaris untuk pembayaran uang muka dan pelunasan pembayaran.
 

Booking rumah

Lakukan booking rumah terhadap unit yang ingin dibeli. Hal ini untuk mencegah unit rumah ditawarkan kepihak lain. Booking bisa dilakukan dengan menyerahkan sejumlah uang sebagai tanda jadi dan diserahkannya kwitansi dengan materai sebagai bukti. Apalagi jika anda berasal dari luar kota, melakukan booking pada unit perumahan di Surabaya yang ingin dibeli sangat disarankan.
 

Membayar uang muka

Jangan lupa untuk menyiapkan uang muka minimal 30% dari harga unit rumah. Memang beberapa pengembang sudah memasukkan uang tanda jadi ketika booking sebagai uang muka, namun tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga. Hindari membayar uang muka dengan menggunakan dana segar kartu kredit dan KTA (Kredit Tanpa Agunan). Kedua cara tersebut memang menggiurkan, namun bunga dari kartu kredit cukup besar. Sedangkan KTA, jika anda salah hitung bisa menjadi kemelut dikemudian hari alias terlilit hutang.
 

Ajukan KPR ke bank

Syarat ini tentu saja dilakukan oleh anda yang membeli unit perumahan di Surabaya secara kredit. Syarat KPR setiap bank berbeda-beda, namun ada beberapa dokumen wajib yang sama. Dokumen yang dimaksud misalnya Fotokopi KTP, rekening koran, NPWP, dan slip gaji bulan terakhir.
 

Pergi ke notaris dan lakukan akad jual beli

Pilih notaris yang netral, dalam artian tidak ada kaitannya dengan pihak pengembang baik sebagai kerabat atau rekan bisnis. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya kecurangan ketika akad jual beli antara anda dan pengembang. Siapkan dokumen yang diperlukan serta dokumen untuk mengurus KPR apabila membeli perumahan secara kredit. Baca syarat-syarat dan biaya keseluruhan yang harus dikeluarkan untuk membeli rumah, termasuk cicilan perbulan dan pajak. Jangan lupa untuk membawa uang pelunasan bagi anda yang membeli rumah secara cash. 

agar lebih jelas simak video berikut


 
Demikian beberapa syarat yang wajib anda lakukan bila ingin memiliki perumahan di Surabaya. Semoga artikel diatas bisa membatu anda. Sebenarnya syarat-syarat tersebut tidak ribet jika anda teliti dan sudah menyiapkan diri.


(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan