Mengapa Pendidikan itu Penting

Konten []
Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita,ini berarti bahwa setiap manusia Indonesia berhak mendapatkannya dan diharapkan untuk selalu berkembang didalamnya,Pendidikan tidak akan ada habisnya,. Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Sehingga menjadi seorang yang terdidik itu sangat penting.Kita dididik menjadi orang yang berguna baik bagi Negara,Nusa dan Bangsa.Pendidikan pertama kali yang kita dapatkan di lingkungan keluarga (Pendidikan Informal), lingkungan sekolah(Pendidikan Formal),dan lingkungan masyarakat (Pendidikan Nonformal).Pendidikan Informal adalah pendidikan yang diperoleh seseorang dari pengalaman sehari-hari dengan sadar atau tidak sadar,sejak seseorang lahir sampai mati.Proses pendidikan ini berlangsung seumur hidup.Sehingga peranan keluarga itu sangat penting bagi anak terutama orang tua.Orang tua mendidik anaknya dengan penuh kasih sayang.Kasih sayang yang diberikan orang tua tidak ada habisnya dan terhitung nilainya.Orang tua mengajarkan kepada kita hal-hal yang baik misalnya, bagaimana kita bersikap sopan-santun terhadap orang lain,menghormati sesama,dan berbagi dengan mereka yang kekurangan.

Seorang manusia yang normal ,baik anak maupun orang dewasa senantiasa membutuhkan sesuatu “ rasa dihargai”.Rasa sayang kepada anak perlu orang tua nyatakan.Anak harus mengetahui bahwa memang kita disayangi.Seorang anak yang disayangi akan menyayangi keluarganya ,sehingga anak akan merasakan bahwa anak dibutuhkan dalam keluarga.Dalam situasi yang demikian anak akan merasa aman,dihargai,dan disayangi.Si anak tidak akan merasa takut untuk menyatakan dirinya.Sebab merasa keluarga sebagai sumber kekuatan yang membangunya.Dengan demikian akan timbul suatu situasi yang saling membantu,saling menghargai,yang sangat mendukung perkembangan mental anak.Di dalam keluarga yang memberi kesempatan maksimum pertumbuhan,dan perkembangan adalah orang tua.Dalam lingkungan keluarga harga diri berkembang karena dihargai,diterima,dicintai,dan dihormati sebagai manusia .Itulah pentingnya mengapa kita menjadi orang yang terdidik di lingkungan

keluarga.Orang tua mengajarkan kepada kita mulai sejak kecil untuk menghargai orang lain hal ini akan menimbulkan kenyamanan dan ketentraman hidup sehingga akan mempererat kerukunan hidup.

Sedangkan di lingkungan sekolah yang menjadi pendidikan yang kedua atau juga disebut dengan Pendidikan formal.Pendidikan formal adalah pendidikan yang didapat seseorang dari umur 9-12 tahun,wajib bagi seseorang untuk mendapatkanya.Selain itu dapat melanjutkannya kejenjang yang lebih tinggi yaitu di SLTP dan SLTA,dan apabila orang tua mempunyai cukup uang maka dapat melanjutkannya ke Perguruan Tingi Menjadi seorang terdidik itu penting sekali.Alangkah pentingnya pendidikan di Indonesia.Peningkatan mutu pendidikan di Indonesia memang diperlukan untuk mencapai Indonesia baru.Mengenai mutu pendidikan di Indonesia khususnya tingkat keberhasilan seorang guru untuk mendidik anak didiknya.Guru sebagai media pendidik memberikan ilmunya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.Sehingga tak luput dari peranan Guru.Peranan guru sebagai pendidik merupakan peranan yang berkaitan dengan tugas-tugas memberi bantuan dan dorongan ,serta tugas-tugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan anak didik agar anak itu menjadi patuh terhadap norma hidup,dan aturan-aturan sekolah.Guru mengajarkan kepada anak didik supaya pintar dan berwawasan luas.Anak didik yang terdidik dituntut untuk tidak merugikan orang lain ,harus menghargai,dan menghormati hak orang lain,anak dididik untuk menaati peraturan-peraturan,dan menyesuaikan diri dengan norma-norma tertentu.

Sekolah sebagai lembaga formal yang diserahi tugas untuk mendidik.Peranan Sekolah sangat besar sebagai sarana tukar pikiran diantara peserta didik.Dan juga, Guru harus berupaya agar pelajaran yang diberikan selalu cukup untuk menarik minat anak, sebab tidak jarang anak menganggap pelajaran yang diberikan oleh Guru kepadanya tidak bermanfaat .Tugas Guru yang hanya semata-mata mengajar saat ini sudah keluar dari aturan-aturan itu .Guru harus mendidik yaitu harus membina para anak didik menjadi manusia dewasa yang bertangging jawab.Hanya dengan inilah maka semua aspek kepribadian anak bisa berkembang.

Selain itu peranan lingkungan masyarakat juga penting bagi peserta didik .Ini juga disebut Pendidikan Nonformal.Pendidikan Nonformal adalah pendidikan di luar sekolah,yaitu pendidikan yang diperoleh seseorang secara teratur,terarah.Berhubung karena Pendidikan Nonformal lebih mudah disesuaikan dengan keadaan seseorang dan lingkungan maka pendidikan Nonformal lebih terhadap kehidupan masyarakat.Hal ini berarti memberikan gambaran tentang bagaimana kita hidup bermasyarakat.Dengan demikian apabila kita berinteraksi dengan mereka di lingkungan masyarakat maka mereka akan menilai kita,bahwa mereka akan tahu mana orang yang terdidik,mana orang yang tidak Terdidik berarti kita dididik untuk bisa memahami,mengerti,serta menjadi orang yang peduli terhadap orang lain.Di zaman Era Globalisasi diharapkan generasi muda bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat Sehingga tidak terombang-ambing dalam kancah perkembangan zaman.Itulah pentingnya menjadi seorang yang terdidik baik di lingkungan Keluarga,Sekolah,dan Masyarakat.

Seperti kita ketahui bersama, sejak kecil kita sudah mulai diberikan pendidikan oleh orang tua kita. Mulai dari pendidikan usia dini, kekolah dasar, menengah dan sampai ke perguruan tinggi. Ini tidak lepas dari pentingnya adanya pendidikan. Apasih pentingnya pendidikan buat kita?

Pada dasarnya manusia dilahirkan mempunyai kecerdasan yang luar biasa. Namun tidak semua orang dapat mempergunakan kecerdasannya dengan baik. Maka dengan adanya pendidikan, membantu dalam membentuk kecerdasan pada manusia itu sendiri. Pendidikan merupakan metode terbaik menjadikan manusia yang cerdas dan pintar.


Mengapa Pendidikan itu Penting
Mengapa Pendidikan itu Penting


Berikut ini merupakan alasan mengapa pendidikan menjadi sangat penting


1. Karir

Tidak bisa dipungkiri, karir menjadi salah satu faktor utama. Dizaman yang modern ini pendidikan menawarkan pekerjaan yang lebih baik. Kalau dulu mungkin pekerjaan membutuhkan fisik dan tenaga yang prima. Dengan pendidikan, bisa menggunakan kepintarannya dalam hal tertentu untuk bekerja.

Dulu saat aku masih kecil, selalu dinasehati untuk rajin belajar agar kelak besar mendapatkan pekerjaan yang enak. Pekerjaan yang enak disini diartikan bukan pekerjaan kasar yang membutuhkan fisik dan tenaga yang prima. Namun pekerjaan seperti kantoran atau lainnya yang bukan pekerjaan mengandalkan fisik.

2. Pola Pikir Yang Lebih Baik

Pendidikan juga berperan membentuk pola pikir kita yang lebih baik. Apa yang akan kita lakukan akan dipikirkan terlebih dahulu resiko yang akan diterima. Semua tindakan lebih dilakukan dengan hati-hati. Hal ini dikarenakan otak kita sudah bekerja lebih baik.

3. Mengeluarkan Kemampuan

Dengan pendidikan kita dapat mengeluarkan kemampuan yang sesungguhnya. Misal kita dapat mengeluarkan kemampuan kita dalam berhitung, menganalisa sesuatu, dan mengembangkan bakat terpendam. Dengan pendidikan hal-hal tersebut menjadi lebih mudah untuk di keluarkan.

4. Kontrol Emosi

Secara tidak langsung pendidikan dapat mengontrol emosi kita. Ego kita bisa diredam dengan baik. Karena sesungguhnya kontrol diri itu ada di isi kepala. Kalau isi kepala dapat dipergunakan dengan baik, emosi yang akan merugikan kita pasti akan hilang

5. Meningkatkan Kualitas diri

Pengaruh pendidikan juga mampu membuat kualitas diri menjadi lebih baik. Bisa apapun itu, seperti pergaulan, adaptasi dan lain-lainnya. Hal itu menjadi alasan kenapa pentingnya pendidikan bagi kita.

6. Memperbaiki Generasi

Jika kita memiliki pendidikan yang baik, secara tidak langsung akan memperbaiki generasi kita. Misal punya anak, pasti akan diperhatikan bagaimana pendidikannya. Beda jika kita tidak memiliki pendidikan yang baik. Oleh sebab itu, pendidikan itu penting untuk kita dapatkan.

7. Memajukan Bangsa

Bangsa yang maju tentunya memiliki sumber daya manusia yang baik. Hal ini hanya bisa didapat dengan adanya pendidikan yang baik. Boleh kita lihat negara-negara maju, pastilah didukung dengan masyarakat yang berpendidikan yang baik.

8. Meningkatkan Kesadaran Diri

Kesadaran diri seperti mau antri, mau diatur, mau tertip ini pendidikan juga memiliki andil didalamnya. Kota yang maju dan teratur biasanya diisi masyaratkan yang berpendidikan baik. Kalau Kamu belum bisa antri, susah diatur, nggak mau tertip berarti Kamu belum memiliki pendidikan yang baik.

9. Tidak Mudah Di Adu Domba

Akhir-akhir ini sering kita jumpai berita bohong atau hoax. Jika memiliki pendidikan baik maka mudah untuk kita menghindari dari hal tersebut. Tidak ikut terjerumus oleh hal-hal yang diragukan benerannya.

10. Lebih Berani Dan Percaya Diri

Orang yang berpendidikan bisa lebih benari dan bercaya diri dalam menghadapi tantangan zaman. Ini bukan soal adu keberanian seperti adu fisik, namun berani dan percaya dalam tindakan yang diambil. Bertanggung jawab dengan apa yang diembannya.

Dengan adanya 10 alasan kenapa pentingnya pendidikan diatas, diharapkan Kamu bisa mendapatkan pendidikan yang terbaik. Semangat untuk menuntut ilmu. Ini bukan hanya soal pekerjaan atau karir yang akan Kamu dapatkan dimasa mendatang. Namun lebih dari itu agar menjadi pribadi yang baik dan ikut andil dalam kemajuan bangsa.




Referensi :
https://bunghatta.ac.id/artikel-259-pentingnya-pendidikan-bagi-semua-orang.html
https://www.renesia.com/10-alasan-kenapa-pentingnya-pendidikan/


Keyword :
Mengapa Pendidikan itu Penting, Pentingnya Pendidikan