Apa itu Sekolah? Mengapa Harus Sekolah?

Konten []
Menurut kalian, apa itu sekolah? Sekolah itu sebuah tempat yang di dalamnya berisi berbagai hal yang menyangkut tentang “ Ilmu “. Bahkan bukan ilmu saja, tetapi bagaimana cara kita untuk menjalin suatu hubungan dengan yang lainnya dan nantinya kita akan saling membutuhkan. Sekolah menjadi tempat tinggalnya para murid bahkan guru, mereka saling berhubungan dan memerlukan. Sekolah itu sudah menjadi rumah kita di lingkungan luar, murid sangat perlu untuk dibimbing oleh guru sebagaimana harusnya. Bukan hanya dibimbing tetapi juga diajarkan segala sesuatu yang memang mestinya kita dapatkan karena tujuan kita sebagai seorang murid kedepannya banyak dan berbeda.

Umat manusia bisa maju seperti saat ini karena kita hidup saling membantu dan memenuhi kebutuhan sesama dengan cara tukar-menukar. Agar kita mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, kita perlu membangun keahlian. Inilah gunanya kita belajar. Sekolah memiliki banyak jenis/macam. Tetapi itu tergantung dengan diri kita sendiri mana yang menurut kita nyaman dan sesuai dengan minat ataupun bakat kita.

Saat ini kita berada di era digital dan persaingan bebas. Era digital memberikan kita kemudahan akan segala hal,apapun kebutuhan kamu dari sejak bangun pagi sampai dengan tidur malam hari semuanya dapat dipenuhi lewat aplikasi digital. Selain itu era digital juga memberikan informasi secara berlimpah, bahkan kamu dapat mengerjakan PR hanya dengan mengetik soal di mesin pencari. Luar biasa, hebatnya era digital. Kehebatan era digital ini, dapat membuat kita malas berpikir dan bergerak, semuanya ada tinggal “klik” saja. Nah, malas ini lama-kelamaan akan merusak pikiran kreatif kita, efeknya kita menjadi tidak punya daya saing di era persaingan global.

Era persaingan global, menuntut kita mempunyai kemampuan : kreatif, berpikir kritis, kerjasama dan berkomunikasi. Keunggulan individu kita, akan diuji dengan 4 kompetensi di atas. Siapkah kita? Kita harus siap, kenapa? Supaya kita mempunyai masa depan yang cerah, bukan hanya secara ekonomi, tetapi membuat kita berguna minimal untuk orang-orang di sekitar kita. Bagaimana caranya kita memenangkan persaingan ini? Maka kita harus bersekolah

Apa itu Sekolah? Mengapa Harus Sekolah?
Apa itu Sekolah? Mengapa Harus Sekolah?

Berikut Ini adalah Alasan Mengapa Harus Sekolah

1. Memberikan ilmu pengetahuan

Pendidikan selalu memberikan ilmu pengetahuan, apa pun bentuknya. Kita bisa mengetahui luasnya dunia, memahami nilai-nilai kebaikan dan kebenaran dan mengaplikasikannya dalam hidup. Buku-buku akuntansi, kedokteran, kimia, psikologi, seni dan filsafat yang kamu baca, diskusikan dengan dosen dan profesor di kampus itu tidak akan pernah sia-sia, sama sekali tidak.

Pun demikian dengan buku-buku yang kamu baca di perpustakaan sekolah dengan dibumbui masa-masa remaja yang mengajari kamu berbagai hal kecil yang indah.

Setelah mendapat sekian banyak ilmu pengetahuan, kamu justru akan merasa masih terlalu sedikit yang kamu tahu. Ini mengajarkan agar kamu tidak bersikap angkuh terhadap orang lain dan dunia.

Dalam taraf yang lebih tinggi, kamu dapat menjadi ilmuwan, menciptakan sesuatu untuk membantu kehidupan manusia. Jika tidak ingin muluk-muluk, ilmu pengetahuan bisa kamu gunakan mengajari anak-anakmu nanti tentang segala sesuatu. Ibu dan ayah yang cerdas melahirkan anak-anak yang cerdas, dengan begitu kamu sudah turut andil membangun generasi.

2. Untuk pekerjaan

Zona nyaman seseorang memang berbeda-beda, ada yang nyaman dengan menjadi karyawan, ada pula yang nyaman menjadi wirausaha. Dua-duanya sama baiknya, dengan tujuan yang baik pula yaitu menjadi manusia bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga bahkan orang asing sekalipun serta menaikkan taraf kehidupan.

Pertama, jika ingin menjadi karyawan, untuk jabatan yang tinggi tidak dipungkiri tentu saja memerlukan selembar ijazah. Semakin tinggi pendidikan semakin tinggi jabatan dan penghasilan. Ini fakta yang tidak bisa dibantah.

Skill juga berpengaruh. Tapi untuk memenuhi syarat pertama di lowongan pekerjaan adalah tulisan pendidikan minimal SMA, pendidikan minimal D3 dan sebagainya. Skill kita tinggi, tapi perusahaan tidak tahu, maka ijazah adalah patokan perusahaan. Jika tidak memiliki ijazah, memasukkan lamaran saja kita tidak berhak, bukan?

Kedua, jika ingin menjadi wirausaha, pendidikan juga penting. Kamu membutuhkan ilmu manajemen untuk mengatur operasional usahamu, ilmu akuntansi untuk mengatur keuanganmu, ilmu perpajakan untuk memenuhi kewajibanmu kepada negara, ilmu kewirausahaan untuk menghadapi persaingan pasar hingga ilmu psikologi untuk menghadapi berbagai macam kolega bisnis dan pelanggan.

Kisah-kisah inspiratif yang kamu baca mengenai seseorang yang tidak menempuh pendidikan dan berhasil sukses itu jumlahnya mungkin seribu dibanding satu. Dan mereka adalah orang-orang istimewa di dunia yang kerja kerasnya mungkin seribu kali lipat dari kebanyakan orang, yang jam tidurnya mungkin hanya satu dua jam sehari atau seminggu. Sehingga ia mendapat pelajaran kehidupan meski tidak menempuh bangku pendidikan formal.

Jadi, jika belum bisa menjamin kesuksesan atas dirimu seperti orang-orang istimewa itu, sebaiknya kamu sekolah, kuliah. Mau jadi apapun kamu nanti, pendidikan tidak akan pernah sia-sia.

3. Membentuk dan memperbaiki pola pikir

Pola pikir yang ada di kepala mengenai diri sendiri, orang lain dan hal-hal yang terjadi di dunia ini memang kamu sendiri yang berhak. Tapi, pendidikan akan lebih membantumu mencapai hal-hal yang pada awalnya kamu meragu.

Hal-hal baru yang kamu dapat juga akan membentuk pola pikir baru yang lebih baik. Kamu akan lebih paham dan mengaplikasikan kebenaran, kejujuran, keadilan dan yang terpenting adalah kemanusiaan. Pendidikan nyatanya membuat seseorang lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak.

Pola pikir kamu juga akan maju dan lebih terbuka. Seperti gelas kosong yang selalu siap dituangi air. Kamu akan mampu menampung segala pengetahuan termasuk pemahaman terhadap manusia lain.

4. Mengembangkan bakat

Pendidikan mampu membuatmu menemukan jati diri, skill dan bakat yang kamu miliki serta mengembangkannya. Jika kamu sudah terlahir hebat dengan segudang bakat, pendidikan akan mengasahnya agar lebih tajam lagi. Di dunia ini banyak sekali sekolah seni, sekolah agama, sekolah bisnis dan sebagainya. Jika kamu punya waktu, maka manfaatkanlah.

5. Membentuk kepribadian

Bagi yang mampu benar-benar mengaplikasikannya, pendidikan juga akan mencegahmu berkata kasar, mencegahmu melakukan hal yang salah, mencegahmu berbuat segala sesuatu yang dapat merendahkan diri sendiri.

Pendidikan membantu mengajari kamu bersikap dan berperikemanusiaan serta mengembangkan empati sehingga kamu tidak akan seenaknya menyakiti orang lain.

Kita selama ini disuguhi dengan kasus-kasus wakil rakyat yang semuanya adalah intelektual namun merugikan rakyat, ini merupakan kasus yang berbeda. Tidak semua kaum intelektual itu kotor dan licik.

Jika ingin mengurangi jumlah mereka di pemerintahan, maka kita harus mau menempuh pendidikan, menjadi orang berpengaruh, orang baik yang berkuasa sehingga orang-orang seperti mereka tidak akan mendapat kursi di pemerintahan.

Jika tidak ingin tinggi-tinggi memikirkan urusan negara, maka cukuplah pendidikan kita gunakan untuk memperbaiki kepribadian masing-masing.

Sumber Referensi: